Wednesday, June 7, 2017

Review AirBnB: Akomodasi Liburan di London

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu datang juga. Tamu agung dari Indonesia datang ke tempat kami di UK. Siapa lagi kalau bukan datuk dan mbah uti-nya Ken. Senang sekali deh rasanya ketemu dengan wajah yang familiar dari Indonesia.Sebelumnya teman saya dari tempat kerja yang lama juga sempat berkunjung. Itu aja udah bikin kangeeen banget pengin ketemu sama orang-orang tersayang lainnya. Soalnya, entah kenapa jadi sadar kalau ternyata kita beneran jauh ya sama orang tua karena setelah 9 hari jalan-jalan bareng, ketemu setiap hari, eh tiba-tiba kok rumah jadi sepi lagi. Iya, selama ini kan meskipun nggak saling bertemu, tapi aliran informasi dan kabar berjalan dengan lancar aja. Thanks to social media and internet! Jarak jauh, menyeberang samudera dan benua, jadi nggak berasa. 

Sekarang saya mau cerita soal pengalaman pertama pakai BnB nih. Sesuai janji saya di postingan sebelumnya. Jadi, akhirnya kami dapat dong penginapan yang pas di London selama kurang lebih 5 hari. Gimana kesan pertamanya? Oh, we had a reaaaaally pleasant stay in London. Definitely will use them again later when we get travelling to... Japan. Tapi, belum tahu kapan 😝. Nggak apa lah yang penting niat dulu. (lihat juga: Pengalaman Mencari Penginapan di AirBnB & Booking.com)

Sebelum dimulai lebih lanjut ceritanya, boleh ceki-ceki dulu nih link airbnb-nya di sini. Waktu itu harganya masih £63 semalam, eh pas kita cek lagi saat check-out, harganya udah berubah jadi £110. Kayaknya sih karena udah masuk summer, musim liburan ya jadi dimahalin.

Adegan nungguin host bukain pintu di depan rumah ternyata kejadian juga sama kita, wkwk. Nungguin di depan gedung flatnya selama kurang lebih 2 jam, gak jelas. Alasannya karena macet. Iya lho, kota maju kayak London, yang sistem transportasi umumnya udah canggih, masih macet juga. Jadi, tenang warga Jakarta, you're not alone. 

Gedung flat tempat kami menginap di London (photo credit: airbnb.com)

Friendly Host
Alhamdulillaah, host kami baik dan sejak awal komunikasi kelihatan nggak ribet orangnya. Namanya Rachael. Jadi, jadwal check-in yang aslinya itu adalah pukul 6pm, Rachael mengizinkan kita untuk bisa check-in lebih awal. Seneng juga bisa check-in jam 3 - 4 pm. Mengingat koper bawaan kami yang segambreng dari Oxford pukul 10am. Sesampainya di London sekitar pukul 2pm kalo nggak salah ingat, kami langsung meluncur dari Victoria ke flat kami yang ternyata cukup jauh dari zona 1. Memakan waktu selama 1 jam sudah dengan macet untuk sampai di sana. 

Sesuai hasil komunikasi kami dengan host, kami akan bertemu sekitar pukul 3-4pm. Tapi, ternyata Rachael juga kena macet dan baru sampai flat pukul 5pm. Setelah itu, kami langsung dipersilakan untuk masuk. Meskipun sempat luntang-lantung nggak jelas di depan flat, lumayan lah tapi bisa check-in lebih awal dan begitu masuk rumahnya,... aaah sesuai ekspektasi, malah melebihi sih. Selama nungguin Rachael, kami berjalan-jalan di sekitar dock dekat dengan flat. Baguuuus banget viewnya! Sukses mengobati kekecewaan kami.

Dock view di belakang flat

Kid-Friendly House
Ternyata, flatnya lumayan luas dan nggak banyak barang. Pas banget buat yang bawa anak kecil. Ada pot2 kaleng kecil sebagai pajangan di meja langsung kami singkirkan ke tempat yang tidak terjangkau Ken. Daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan 😅. Flat ini punya dua kamar tidur yang cukup spacious, satu kamar mandi, dapur, dan gudang. Fasilitas lainnya ada TV dan Wifi juga. Eh, tapi fasilitas yang ditawarkan host bisa berbeda-beda ya disesuaikan dengan harga juga.

Enaknya pilih akomodasi lewat AirBnB ini adalah biasanya sudah ada dapurnya dan segala perlengkapan sudah disiapkan di sana. Mulai dari panci, piring, gelas, microwave, dan mesin cuci juga ada. Bahkan, di kulkas sudah disediakan bahan makanan yang bisa kita konsumsi sesukanya. Kami sendiri beli roti tawar, selai, dan mie instan sendiri. Kadi sewaktu-waktu kelaparan bisa langsung bikin di dapur. Kami juga sempat mencuci baju di sana beberapa kali. Sengaja memang dari awal bawa baju terbatas aja karena tahu di sana ada mesin cuci. Enak kaaan berasa di rumah sendiri ❤

Ruang Tamu

Dapur


Good Location
Sebenarnya kalau mau cari akomodasi yang jalan sebentar langsung Oxford Street atau Wesminster (Zona 1) dan punya uang yang banyak sih ini bukan pilihan tepat ya. Soalnya lumayan jauh dari center, mungkin zona 5 kali ya dekat dengan London Airport. Kalau saya sih nggak sanggup cari akomodasi di Zona 1, mahalnya udah nggak masul akal, secara London apa-apa mahal banget 😭Untungnya flat ini letaknya dekaaaaat banget sama DLR station yang bisa langsung nyambung tube atau underground(fyi, ini semacam MRT yang sedang dibangun di Jakarta saat ini). Jadi, pergi ke center tetap relatif cepat dan bebas macet. So, buat kami masalah lokasi yang jauh jadi nggak ada sama sekali karena dekat DLR tadi. Saking gampangnya, Datuk dan Mbah Uti juga bisa pulang sendiri dari Buckingham Palace ke flat, waktu berpisah dengan saya, suami dan Ken yang mau ikutan tour di Warner Bross Studio 💃. Tapi memang karena datuk dan mbah uti udah sering ngebolang di luar negeri berdua sih, jadi nggak heran.

Jadi, kesimpulannya saya senang dan puas cari akomodasi dengan fasilitas airbnb ini. Untuk pengalaman pertama oke banget lah. Nggak sabar cobain lagi, tapi kapan ya 😂

Ingat ya, kamu bisa dapat potongan harga di airbnb.com kalau sign-up dengan link ini 


Semoga reviewnya bermanfaat ya dan selamat jalan-jalan!


Cheers!
Sawitri Wening

6 comments:

  1. Thanks Wening infonya, senengnyaaaa dapet tempat menginap yang ramah anak begini yah. Dan dari video Mama yang ala ala vlogger keliatan banget nyaman yah tempatnya. Doakan ya Abang Han bisa kesana kapan-kapan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Abang Han... Semoga bisa pergi ke tempat2 seru di dunia ya :)

      Delete
  2. Pesen penginapan via AirBnB sepertinya asik juga, untung-untungan juga pas dapet lokasi yang oke ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lokasi sebenarnya saat kita pesan bisa dicek dulu apakah jauh atau dekat dari center mbak. Tapi, biasanya memang yang agak jauh dari kota lebih murah.

      Delete
  3. Nagih kaaaan pake airbnb :p. Aku jugaaaaa. Puaslah pas k jepang korea pake penginapan dr situs ini.. Ownernya jd sempet ketemuan ya mba? Aku dulu cm yg di korea ketemu ama owner.. Yg di jepang 2-2 nya ga ketemuan. Jd dr awal dia udh ksh tau no kombinasi utk ambil kunci rumah :D. Kyknya kalo negara2 mahal seperti eropa, amerika, jepang, korea, aku prefer airbnb. Tp kalo negara2 asia tenggara ,hotel ttp lbh asyik, krn hrgnya relatif murah dgn fasilitas lengkap juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneeeeer, Mbak Fanny... enak yaa berasa kayak di rumah aja gitu. Iya sempat ketemu dengan hostnya pas ceheck-in, tapi pas check out nggak..
      Gitu yaa mbak kalo negara2 asia tenggara hotelnya masih ramah di kantong tapi udah nyaman. Siip deh noted buat trip berikutnya.

      Delete