Sunday, June 4, 2017

Ramadhan Pertama di UK & Buka Toko (Mini Giveaway!)


Ramadhan kali ini agak berbeda dengan yang pernah saya lewati sebelumnya. Ini adalah Ramadhan pertama yang saya jalani jauh dari orang tua dan jauh dari serba-serbi pertakjilan yang banyak ditemui di pinggir jalan menuju rumah. Yang paling berasa adalah... Ramadhan kali ini puasanya jauh lebih lama, yaitu selama kurang lebih 18 jam dalam sehari. Lama banget yaa... Nah, perbedaan waktu puasa ini ternyata berpengaruh banget ke perubahan waktu tidur dan aktivitas kami sekeluarga. 

Berhubung Inggris Raya sudah mulai memasuki waktu summer, saat siang hari pun jauh lebih panjang daripada malam hari. Waktu subuh itu sekitar pukul 3 pagi dan hari baru gelap setelah pukul 9 malam. Nah, kebayang nggak tuh gimana panjangnya. Menyenangkannya, suhu udara semakin bersahabat dengan tubuh penghuni garis khatulistiwa macam kami. Serius deh, kalau buka jendela lihat matahari mentereng rasanya bahagiaaa banget. Nggak usah lagi pakai baju berlapis-lapis, nggak perlu lagi pakai coat tebal, dan tangan nggak lagi kedinginan sampai kayak disayat-sayat rasanya waktu winter. Warga asli sini pun nggak kalah bahagianya kalau ketemu matahari, biasanya taman kota akan dipenuhi warga yang asyik tidur-tiduran di rerumputan sambil berjemur dan bercengkrama. Gaya fashion mereka pun ikutan berubah, dari yang kemana-mana pakai jaket/coat, sekarang udah mulai pakai baju yang terbuka. Bahkan pernah nemu juga yang topless waktu Bristol lagi panas-panasnya (Beneran deh 27 derajat celcius aja rasanya udah gerah banget... lalu saya ngebayangin suhu Jakarta -,-). Sekarang paham banget sih kenapa suka lihat bule-bule pake pakaian minimalis kalau di Indonesia. Rasanya pasti gerah banget.

Berhubung anaknya deadliner, saya udah merasakan puasa 18 jam duluan sebelum Ramadhan datang. Iyak, buat bayar hutang puasa tahun lalu yang belum lunas. Hari pertama itu lebay banget rasanya lemes banget dan nungguin maghrib kayaknya lamaaaa banget. Tapi, alhamdulillaah ya, berkat bayar puasa mepet saya malah jadi udah kebayang dan jadi terbiasa duluan puasa 18 jam. Tapi, jangan ditiru ya, tetap lebih tenang kalau bayar puasa jauh-jauh hari kok :'). 

Puasa sambil Menyusui
Terus, sekarang masih menyusui? Masih banget terutama kalau Ken tidur, dia masih bolak-balik bangun untuk mimik. Apa rahasianya biar kuat puasa 18 jam sambil menyusui? Kalau Ramadhan tahun lalu, senjata pamungkas saya adalah jus susu korma yang enak itu lho (cek resepnya di sini) dan emang menurut pengalaman saya emang berpengaruh banget buat jaga energi selama puasa. Masih kebayang dulu setiap abis menyusui, rasanya pengin makan nasi sebakul. Tapi, sekarang ternyata nggak bisa bikin itu karena nggak punya blender, hahaha cetek banget alasannya. Jadi, strategi menjaga stamina saat berpuasa sambil menyusui a la saya adalah sebagai berikut:
- Selalu sedia kurma setiap buka dan sahur
- Makan daging merah setiap sahur
- Makan nasi saat sahur dan berbuka (terbukti, pas buka puasa pakai pizza aja besoknya lemes)
- Minum susu/jus buah/buah saat sahur
- Minum minyak ikan dan habbatusauda
- Minum air putih yang banyaaaaak saat sahur dan berbuka

Perubahan Jam Tidur
Nah, ini dia nih yang juga lumayan signifikan bedanya. Kalau biasanya paling nggak saya tidur jam 12 malam maksimal, sekarang baru bisa beneran tidur setelah subuh atau sekitar pukul 4 pagi. Biasanya bangun lagi pukul 9 pagi (itu juga karena dibangunin Ken biasanya). Soalnya waktu antara buka puasa dan sahur itu lumayan dekat. Coba deh bayangin, buka puasa jam 9:20 malam (lanjut sholat maghrib, makan malam), Isya sekitar pukul jam 11 malam (masih lanjut tarawih) dan harus sahur paling nggak jam 02:30 pagi. Kayaknya kalau abis tarawih terus tidur, alamat bakal lewat sih sahurnya.

Kebetulan rumah kami di Bristol sangat dekat dengan masjid, jalan kaki kira-kira 5-10 menit. Jadi, suami biasanya selalu menyempatkan untuk isya dan tarawih di masjid sampai kira-kira pukul 12 malam. Sementara saya biasanya baru bisa Isya saat Ken sudah tidur. Oiya, saya udah bilang belum sih kalau semenjang masuk spring, jam tidur malamnya Ken ikutan berubah. Nggak ada deh ceritanya Ken tidur dibawah jam 10 sekarang karena menurut tubuhnya, malam itu baru dimulai pukul 9 malam. Akhirnya, dia baru akan tidur paling tidak pukul setengah 12 malam. Sebenarnya ada untungnya juga sih yak arena jam tidurnya Ken kurang lebih mengikuti jam tidur kami. Tapi, waktu me-time dan berduaan sama suami jadi terbatas banget rasanya, hahahah. Karena kedua hal itu hanya bisa dilakukan saat anak tidur, iya kan buibu? Hari ini anaknya lagi tidur lebih cepat, jadi saya bisa nulas-nulis di sini deh #momsproblem ;)

Jadi, beda tempat dan beda waktu tantangan ibadahnya juga bisa berbeda ya. Alhamdulillaah masih kuat dan mampu menjalani puasa yang cukup panjang di sini. Mudah-mudahan sehat selalu dan bisa konsisten. Semoga Ken juga nggak banyak drama karena masa toddler itu ya ampun tiada hari tanpa drama ya ternyata. Pengin ketawa aja rasanya lihat tingkah polah si Ken yang makin ceriwis dan makin kepo.


Buka Toko @Bawana.ID & Mini Giveaway
Nah, karena udah masuk Ramadhan tahun ini, berarti sebentar lagi saya akan balik ke Indonesia. Insya Allah rencananya pertengahan September ini. Rasanya campur aduk, antara senang dan sedih. Senang karena akan ketemu orang-orang kesayangan lagi, ketemu nasi padang, nasi uduk, pempek, cilok, aaah…. Sedihnya karena sudah mulai nyaman tinggal di sini tapi harus meninggalkan semuanya. Rasanya setahun itu kok cepaaat sekali ya.

Dalam rangka itu pula, akhirnya saya memutuskan untuk membuka toko jasa titip dan PO barang-barang dari UK. Lumayan lah ya bisa tambah-tambah penghasilan sambil bantu teman-teman yang lagi butuh cari barang-barang dari UK. Ayo, ibu-ibu yang mau nitip barang apa aja dari UK dengan harga lebih murah bisa langsung cuuus ya kontak aku. Hahaha, ternyata postingan terselubung…

Dalam rangka syukuran buka toko di Bulan Ramadhan ini, saya mau bagi-bagi hadiah buat 4 orang beruntuuung. Hadiahnya ada buku kece dari penerbit Usborne yang judulnya “See Inside Your Body”. Ini baguuuus dan wajib banget ada di lemari buku anak-anak kita karena bikin pelajaran biologi soal anatomi tubuh manusia jadi lebih fun. Nggak usah anak-anak, emak-emak kayak saya aja senang bacanya. Bahagianya tinggal di UK itu buku anak-anak yang keren-keren harganya bisa jauh lebih murah dibandingkan harga di imported book section di toko buku Indonesia.

image from here
Hadiah keduanya ada Ted Baker Lip Balm. Iyaaa, salah satu brand incaran kalau belanja di Inggris ya Ted Baker London. Kayaknya semua orang tahu ya kalau brand ini asalnya dari London. Karena itu harga tas atau baju-bajunya bisa sangat jauh lho dari toko yang ada di Indonesia. Aku baru tahu juga ternyata mereka mengeluarkan produk body care dan parfume. 

image from here

Hadiah terakhir, 2 buah voucher belanja senilai @Rp 50.000,- di @bawana.id untuk 2 orang beruntung,

Caranya gimana?Gampaang... Langsung aja ke akun instagram @bawana.id atau klik gambar di bawah ini dan ikuti instruksi yang ada di captionnya ya.



🌷FOLLOW akun Instagram @bawana.id (Pastikan akun tidak dikunci ya)
🌷LIKE postingan ini (postingan asli @bawana.id)
🌷REPOST Postingan ini dan gunakan hashtag #pobawanaid dan #giveawaybawanaid
🌷MENTION 5 teman kamu untuk ikutan giveaway @bawana.id di komen postingan ini (postingan asli @bawana.id)


🌟Periode Giveaway 31 Mei -27 Juni 2017
🌟Pemenang akan dipilih secara acak dan bersifat mutlak.

🌟Hadiah akan dikirim pada bulan September 2017. Free Ongkir Jabodetabek!

Semoga beruntung dan selamat menjalani ibadah Ramadhan semuanyaa!!



Cheers!

Sawitri Wening

21 comments:

  1. Uwoooow ga kebayang 18 jam hehe, semangat ya Wening semoga semua sehat-sehat selalu

    ReplyDelete
  2. asik ada GA. Berpuasa memang enak di Indonesia. Waktunya cenderung stabil dan banyak jajanan khas. Tapi berpuasa di negeri orang pastinya punya pengalaman menarik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Myra... ada tantangan tersendiri, belum mesti masak sendiri buat buka n sahur. Kalo lg pgn jajanan macem2, cuma bisa menelan ludah krn ga bisa bikin

      Delete
  3. Dulu, pas mertua masih aktif di diplomat, suami rada pinter cari celah puasa.. Kalo puasa jatuh di saat winter, dia sengaja tuh lgs terbang ke negara ortunya penempatan, wkt itu lg di jerman.. Sengaja supaya lbh singkat :p. Tp pas puasa jatuh pas summer, balik deh dia ke indo :p .. Supaya ga lama banget jam bukanya... Aku sendiri blm pernah rasain puasa di negara 4 musim, krn blm tertarik.. Soalnya tiap traveling aku pasti maunya kulineran mba.. Lah kalo puasa kan jd ga bisa :) . Makanya pas puasa lbh milih di jkt ajalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jahahahah bisa aja suaminya mbak fany.. Eh tapi konon katanya kalo puasa pas winter lapernya 2x lipat ya. Soalnya aku pas winter nafsu makannya dah kayak kuli abis kerja. Ooh iya lah mbak.. kalo lg travelling gt emg enakan pas gak puasa sih.. org yg lg dlm perjalanan aja bisa dpt keringanan gak puasa. Selain krn sayang, tp jg tubuh kita bisa jd blm menyesuaikan gt. Cmiiw.

      Delete
  4. Woaa puasa 18 jam sambil menyusui, semoga sehat selalu ya Mom^^ dan keluarga

    ReplyDelete
  5. Aku 2012 juga nyobain puasa di Belanda. Wooow banget yaaa menahan lapar disaat matahari lagi betah-betahnya diluar hahahaha. Buka puasa malem terus makan. Lanjut shokat isya dan taraweh tau2 balik ke flat jam 12 malem hahaha. Lanjut lagi masak sahur dan makan sahur deh. Hahaha untung liburan soalnya bangunnya jam 12 siang. Anw salam kenal mbak :) have a nice experience in UK!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah i feel you, Mbak.. iya kan malem udah ga bisa ngapa2in lg selain ibadah. Abis itu tidur sampe siang hahah.. Thank you ya udah visit blog ini mbak. Nanti mampir ah.

      Delete
  6. Antara sahur sama buka puasa deket banget yak jaraknya? Wow banget.. yang biasanya kitanya tidur habis terawih, ini malah ga mungkin tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak... untung jam tidur anak menyesuaikan.

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Aku selalu kagum pada orang-orang yang bisa tetap berpuasa dan beribadah meski ditengah keterbatasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap org ada tantangannya sendiri. Semangat jg ibadahnya mbak..

      Delete
  9. 18 jam! Saat temanku tinggal di Manchaster, dia merasa biasa aja puasanya. Bahkan tetap dengan kebiasaannya yang ga pake sahur. Kok bisa sih?

    helenamantra dot com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya lama2 terbiasa sih mbak. Wow ga pake sahur? Kalo aku sih udah lemas bgt itu

      Delete
  10. Wah 18 jam ya mbak, kebayang deh lamanya. Tapi emang iya sih, kalau puasa di negeri orang itu ada tantangan tersendiri ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tul mbaaak... tantangannya krn ga terbiasa aja dgn waktunya.

      Delete
  11. aku pernah sih sampe lebih dari 18 jam tapi puasanya ala muzafir hehehe. Pas mau buka malah jadi males banget makan, minum aja udah cukup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah puasa ala muzafir kayak apa tuh, mbak? Walah, pasti jadi super singset abis itu ya mbaaak... abis puasa 18 jam, pas buka malah males makan 😄

      Delete