Friday, July 28, 2017

#NHW9 Belajar menjadi Agen Perubahan

Tulisan ini adalah hasil dari refleksi diri penulis dan didedikasikan untuk memenuhi nice homework Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch #4

Wah, nggak berasa udah masuk ke tugas terakhir di perkuliahan matrikulasi ibu profesional. Meskipun masih harus lebih memacu diri untuk bisa istiqomah menjalani hal yang sudah dituliskan di dalam #nhw ini, namun sejauh ini, saya merasakan sekali manfaatnya, terutama dalam hal memaknai peran saya sebagai ibu, istri, maupun diri sendiri secara lebih positif. Senangnya lagi bisa kenalan dengan ibu-ibu jebat yang kurang lebih punya visi yang sama, yaitu menjadi individu yang lebih baik lagi. Luv banget deh pokoknya sama ibu-ibu #iipbekasi <3

Tugas kali ini, saya merasakan banyak keterkaitan dengan tugas sebelumnya. Bahkan, sepertinya ide yang akan saya tuliskan pada tugas ini sudah saya singgung di #nhw8. Nah, di sini, saya diajak untuk memikirkan lagi bagaimana mengolah minat saya supaya bisa jadi hal yang bermanfaat bagi orang banyak atau di kelas ini kami menyebutnya dengan "misi spesifik hidup".

Start from The Empathy. Mungkin kalau membaca bagan yang saya buat di bawah ini, isu sosial yang saya tuliskan sangatlah luas. Namun, apabila dilihat dari minat yang saya miliki, saya merasa dengan menulis kita bisa membagikan hal apapun yang menurut kita bermanfaat untuk dibaca orang lain. Poin yang saya tuliskan di bawah ini, tentu saja berawal dari kedekatan pengalaman saya sendiri. 

Pertama, sebagai seorang ibu baru, saya pernah mengalami baby blues, kebosanan, bingung menghadapi anak yang kolik, dan segudang masalah lainnya. Dengan membagikan pengalaman itu, saya berharap orang yang membacanya sedikit banyak bisa mendapatkan insight untuk mendapatkan solusi dari masalah serupa yang mereka hadapi. 

Kedua, ini sangat dipengaruhi oleh background pendidikan saya di bidang psikologi. Saya merasa belum banyak orang yang merasa kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Ingin sekali saya menuliskan pengetahuan yang saya miliki mengenai isu tersebut agar orang bisa mengambil manfaatnya. Namun, dalam hal ini masih banyak keraguan yang saya rasakan. Terutama karena merasa belum mumpuni dan banyak ilmu yang sudah lewat dari kepala saya. Sehingga apa yang harus saya lakukan untuk menjalani misi ini adalah dengan mempelajari lagi ilmu-ilmu tersebut agar lebih dapat menguasainya dan akhirnya percaya diri untuk menuliskan dan membagikannya.

Ketiga, berdasarkan pengalaman pribadi, saya senang mencari tahu terlebih dahulu mengenai produk yang hendak saya beli. Saya merasakan manfaatnya ketika membaca review orang lain di blog ataupun di website. Jadi, saya pikir kenapa saya tidak melakukan hal yang sama. Membantu orang lain untuk memberikan second opinion terhadap produk yang hendak dibelinya supaya nilai kebermanfaatannya lebih terasa. Ya, sesederhana itu, 



Semua itu, menurut saya bisa saya lakukan sekarang juga, di blog atau platform lainnya. Tinggal mengumpulkan tekad untuk mengerjakannya aja nih yang butuh semangat membara.

Sekali lagi, doakan saya ya!

Salam,
Sawitri Wening

No comments:

Post a Comment