Tuesday, April 4, 2017

Pengalaman Mencari Penginapan di AirBnB & Booking.com


Beberapa waktu lalu, ibu mertua saya ngabarin kalau beliau akan berkunjung ke Inggris. Waaah, seneng banget deh rasanya. Apalagi ngebayangin pertemuan antara cucu dan eyangnya yang sudah berbulan-bulan berpisah, kurang lebih 8 bulan. Tapi, yang lebih seru lagi sih ngebayangin bisa jalan-jalan bareng keliling Inggris. Heheh, ngarep banget. Nggak kok, kami cuma nemenin aja. Karena keterbatasan waktu dan biaya, kami akhirnya hanya akan singgah ke 4 kota saja: Bristol (dimana kami tinggal sekarang), Bath (satu jam saja dari Bristol), London (ini wajib lah ya kalau plesiran ke UK), dan terakhir Oxford (karena datuknya Ken mau lihat salah satu kampus tersohor itu). 

Jadi, begitu tahu datuk dan mbauti Ken mau ke sini, kami juga semangat persiapannya dong. Sebenarnya, saya sih yang lebih semangat sampai dorong pak suami buat gerak cepat bikin itinerary dan sama-sama cari penginapan. Btw, ini baru kami sadari setelah menikah lho. Saya dan suami beda banget dalam hal menghadapi "tugas". Ya anggap aja persiapan orang tua ke sini adalah tugasnya. Saya cenderung lebih cepat bergerak karena mungkin agak cemas ya, takut nanti susah cari penginapannya atau tiba-tiba harga jadi mahal semua, dsb. Sementara suami saya orangnya santai banget, bangeeeet. Jadi, dia cenderung mengerjakan tugas nanti kalau sudah dekat waktunya. Canggihnya, tugasnya dia tetap selesai dan nggak pernah nggak memuaskan hasilnya. Tapi, kali ini saya maksa dia biar gerak lebih cepat. Abis gemes kan gimana kalau tiba-tiba hal yang saya sebutin tadi kejadian. Ternyata bener aja, hotel yang kami udah lirik-lirik dari jauh-jauh hari, harganya naik dua kali lipat dari sebelumnya dong karena mikir, nanti aja lah bookingnya masih ada waktu. Padahal hotelnya oke dan strategis banget lokasinya. Tapi, ya sudah lah akhirnya kami cari penginapan lain. Kali ini, saya mau share tentang dua situs website yang kami gunakan untuk mencari penginapan di Inggris. 


Mencari Akomodasi lewat AirBnB

Tampilan halaman depan aplikasi AirBnB. User Friendly!
 Jadi, berhubung hotel di sini mahal-mahal. Kami pun cari alternatif lain. Awalnya, kami menawarkan untuk mencari flat aja lewat AirBnB.com. Ini semacam marketplace buat penyedia hospitality services gitu dan biasanya penyedianya itu personal. Jadi, properti atau tempat yang ditawarkan pun lebih berasa homey karena emang pada dasarnya kebanyakan yang disewain itu kamar atay rumah penduduk lokal. Malah, ada juga lho yang nyewain caravan atau boat beneran di dalamnya udah disediakan berbagai macam keperluan untuk tinggal, seperti tempat tidur, kamar mandi, dapur, dsb. Selain itu karena ini personal business, kita bisa kenalan dan ngobrol langsung sama pemilik properti/host-nya. Well, ini pertama kalinya sih saya coba cari penginapan di sini, untuk di London dan Oxford. Nanti, saya share ya gimana kesan pertamanya.


Salah satu inceran flat di London, Tapi, nggak direspon sama hostnya T,T


Range harganya tentu luas banget, tapi di website ataupun app-nya dia akan kasih tau rata-rata harga sewa di kota yang akan kita datangi itu berapa. Jadi, kita bisa dapat tempat yang biasa banget atau yang mewah ber-jacuzzi juga bisa. 

Berikut adalah tips dari saya saat mencari penginapan lewat AirBnB:
1) Sebelum confirm untuk booking, cek pasti dulu final price-nya karena biasanya akan ada biaya tambahan untuk keamanan atau kebersihan. 

2) Karena kita akan tinggal di tempat orang, pastikan kita melihat foto dan deskripsi dari properti itu dengan seksama. Kalau saya pribadi nggak terlalu suka dengan tempat yang terlalu personalized, kayak banyak tempelan poster band2-nya atau banyak patung atau gambar tertentu yang bikin saya obviously merasa saya lagi numpang di tempat orang. Bukan merasa kayak di rumah sendiri. Bahkan ada juga yang di rumahnya ada anjing/kucingnya, kita pun diperbolehkan berinteraksi dengan hewan peliharaan tersebut. Buat yang senang binatang sih bisa jadi nilai tambah, tapi kalau untuk yang alergi bulu, ini bisa jadi hal minis. Ini pilihan pribadi banget sih. So, baca deskripsinya dengan hati-hati ya.

 3) Cek waktu check-in dan check-out. Ini penting banget karena beda-bedanya bisa jauh banget setiap tempat. Kalau di hotel standarnya wakti check-in jam 1 siang dan check-out jam 11 pagi, di sini ya suka-suka pemiliknya. Ada yang waktu check-in dari jam 6 sore sampai jam 10 malam aja, di luar itu nggak akan dibukain pintu. Ada yang fleksibel 24 jam. Jadi, perhatikan dan sesuaikan dengan waktu kedatangan kita. Jangan sampai mesti luntang-lantung nggak jelas nungguin pintu rumahnya dibukain karena memang belum waktunya check-in. Beda cerita kalau nemu host yang baik hati dan senang menolong.

 4) Yang ini penting banget juga buat manajemen ekspektasi kita; cek review properti yang kita incar. Emang yang namanya 'word of mouth' itu berpengaruh banget ya dalam hal marketing, terutama buat saya, lebih percaya review dari pengalaman orang langsung. Malah ada host yang terang-terangan nulis 'kalau nggak mau kasih 5 bintang mending nggak usah kasih sekalian dan kritik saran dikasih tahu langsung ke dia. Bukan lewat fitur review di website'. Udah lihat foto rumah yang cakep dan deskripsi yang sesuai, ternyata di-review banyak yang ngeluh karena tempatnya nggak sesuai foto, kamar mandinya bocor, dsb. Beda kayak hotel, karena ini tempatnya satu, jadi udah pasti yang bakal kita temui kurang lebih akan sama seperti pengalaman pelanggan sebelumnya. Selain itu, perhatiin juga automatic post tentang booking cancellation. Jadi, kalau host-nya cancel bookingan kita tiba-tiba, bakal ke-post otomatis tuh di reviewnya kalau dia cancel berapa hari sebelum hari-H. Jadi, kalau liat review orang itu sering cancel, bahkan kejadian ada pula yang di-cancel hari-H, mending nggak ambil risiko nggak sih. 

 5) Seperti yang saya bilang, bookingan kita bisa dicancel host. Tapi, sebelum booking pun kita mesti request dulu, nggak semuanya instant. Di awal kita juga mesti memperkenalkan diri kita dulu ke host-nya, semacam permisi dulu lah mau nebeng di tempatnya, tapi bayar. Request kita bisa hangus dalam waktu 24 jam kalau nggak direspom oleh host dan request kita juga bisa ditolak. Jadi, ya mesti cari lagi. Sebaiknya, kita juga carinya satu-satu, jangan sekaligus request 2-3 properti karena kalau di-accept semua, bisa berabe kita. Bayar lebih mahal, karena biasanya akan ada potongan kalau kita yang cancel setelah booking. 

Bisa coba Pirates Life dengan tinggal di Houseboat! 
Jangan lupa masukkan kode potongan harganya. Lumayaaaan banget! Kayak kemarin saya dapat potongan £30 untuk penggunaan pertama kali. Lumayan lah yaaa buat beli lipstick 6 biji (kayak suka beli lipstick aja 😝). Buat yang baru pertama kali coba AirBnB, silakan klik link ini ya https://www.airbnb.co.uk/c/athar7?s=41 dan nikmati potongan harganya! Saya nggak tahu sih kalau di luar Inggris dapatnya jadi berapa. Oiya, AirBnB ini ada hampir di semua kota hits di dunia. Mau ke Bali, Lombok, Seoul, Tokyo, Maldives, Venice, Paris, New York, Jakarta adaaa... 


Booking Penginapan tanpa biaya di Booking.com
Kalau AirBnB tadi saya rekomendasikan buat yang sudah pasti dan sudah jelas kapan akan berlibur atau datang ke suatu tempat. Gimana dong kalau saya maunya lebih fleksibel karena kadang suka labil maunya nginep di A, eh tiba-tiba penginnya di B aja. Saya banget! hehe... Atau punya rencana libutan tanggal segini, tapi kayaknya sekitar tanggal segituan teman mau berkunjung. Yowis, nggak usah pusing-pusing. Langsung lah meluncur ke booking.com. 

Banyak potongan harga yang menggiurkan di booking.com
 Saya tahu situs ini dari salah seorang teman yang saya mintai tolong untuk booking hotel saat kami sampai di London. Seperti biasa ya kita bisa pilih penginapan sesuai dengan harga yang kita mau. Saya dulu pertama datang ke sini menginap di semacam losmen gitu harganya cuma £25 per malam, murah banget. Enaknya, kami nggak harus bayar biaya booking di awal dan free cancellation fee kalau kita cancel beberapa hari sebelum hari-H. Ya, tapi kita memang sudah harus memasukkan nomor kartu kredit kita, jadi kalau sewaktu-waktu kita cancel dan nggak sesuai dengan aturan ya bakal otomatis dipotong. Tapi, kalau nggak, kita baru akan diminta bayar saat datang di tempat. Eh tapi, seingat saya ada juga yang nggak mesti masukin nomor kartu kredit karena benar-benar free cancellation. Mesti diperhatikan ya deskripsi pembayarannya. Ini lumayan membantu terutama yang belum punya doku, tapi pengin booking penginapan dari jauh hari.

Kapan ya bisa menginap di sini nggak usah pakai mikir dulu. Semalam 200 pounds ajah~
Sejauh ini, kami udah menemukan penginapan untuk mama dan papa mertua di Bristol dan London, tinggal satu kota lagi nih. Rasanya seru banget berselancar di situs-situs itu, cari tempat yang pas dan harga yang sesuai kantong sambil ngarep bisa stay di tempat keceeeh, tapi liat kantong langsung sepet muka. Semoga bermanfaat ya! Kalau kamu biasanya gimana caranya cari penginapan saat liburan? ada situs yang jadi andalan juga? Share dong, siapa tahu bisa jadi pilihan juga di kemudian hari. 


Cheers!

Sawitri Wening

6 comments:

  1. Kmrn ke jepang dan korea aku pesen penginapan dr airbnb juga. Dan puaaasss.. Kyknya aku jd ketagihan book akomodasi dr sana :p. Krn dgn hrg yg lumayan, bisa dapet tempat yg luas dan lokasi strategis :). Sebelumnya aku cari dr website hotel lain, hrg yg sama cm bisa dpt hotel dengan kamar super sempit :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul banget, Mbak Fanny... Dengan harga yang sama dari hotel yang kita incer, bisa dapat satu rumah lengkap dua kamar, dengan kitchen, bahkan ada gardennya juga. Menyenangkan banget ya mba pake BnB, aku kadang iseng gitu cari2 akomodasi di berbagai kota soalnya banyak yang tempatnya lucu-lucu!

      Delete
  2. Aplikasi air Bnb ini menyediakan penginapan di seluruh dunia ya, tapi kita sepertinya harus ekstra cermat ya mba karena konsumen langsung deal dengan pemilik rumah/room yang disewakan. Nice info

    ReplyDelete
  3. Betul mba muti.. emang penting banget sih liat review itu. Membantu kita ngebayangin tempatnya bakal memuaskan atau nggak.

    ReplyDelete
  4. Seger banget mba tempatnya. Tapi penginapannya modern gitu. Keren

    ReplyDelete
  5. hai ak lagi buat skripsi ttg airbnb nih, minta tolong kakak" buat mampir sebentar isiin kuesioner ak yaa.. makasih banyakk
    https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSc7X6PyyBHVI39F1DNQu_5c8z0XkA7SPOUvqJAhe9sHL-PKpQ/viewform?c=0&w=1

    ReplyDelete