Tuesday, July 25, 2017

#NHW8 What's Next?


Tulisan ini adalah hasil dari refleksi diri penulis dan didedikasikan untuk memenuhi nice homework Kelas Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch #4

Pada tugas kali ini, saya diajak untuk lebih fokus pada hal apa yang ingin dikaryakan dan merumuskannya secara teknis melalui perencanaan strategis.

Image from here
Lalu, bagaimana kaitannya dengan BE, DO, HAVE 

1. Kita ingin menjadi apa? (BE)
Ingin menulis hal-hal yang bermanfaat secara produktif. 
Kalau menengok kembali #NHW 7 tentang menjadi ibu yang produktif dan diminta untuk memilih salah satu kegiatan di kuadran aktivitas suka-bisa, saya akan memilih kegiatan menulis. Alasannya karena saya bisa merasakan kebahagiaan tersendiri saat sedang menulis dan membagikannya ke orang lain untuk dibaca. Alasan lainnya adalah saya berharap dengan tulisan tersebut saya bisa berbagi manfaat dengan orang lain. Hal yang saya bagi tidak jauh-jauh dari cerita saya menjalani hari sebagai seorang ibu dan istri. Sehingga bagi saya, menulis adalah cara saya menyalurkan perasaan, mengevaluasi diri, sekaligus menyimpan kenangan dan menjadi pengingat bagi saya di masa depan. Ya, seperti yang sudah saya tuliskan di tugas sebelumnya, menulis itu adalah kegiatan yang therapeutic buat saya dan sering kali ketika saya sedang lalai, saya diingatkan lagi oleh tulisan saya sebelumnya. 

Hal yang ingin saya sampaikan bisa berupa apa saja terkait dengan pengalaman parenting, review produk, buku, atau pemikiran yang bisa mengubah sesuatu ke arah yang lebih positif dan mempromosikanpentingnya meningkatkan kesehatan mental baik untuk diri sendiri, maupun orang di sekitar kita. 

2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)
Di titik ini, saya merasa ilmu saya untuk membagikan hal yang bermanfaat melalui tulisan masih sangat kurang. Sehingga lagi-lagi menulis jadi salah satu alasan saya untuk mau banyak membaca dan belajar. Tapi, ternyata saya sadar kalau cara menulis saya tentu masih jauh dari sempurna, sehingga perlu banyak latihan dan jam terbang.

So, yang harus saya lakukan adalah memperbanyak jam terbang menulis dimulai dengan membuat satu tulisan minimal dalam seminggu dan mulai meng-encourage diri saya sendiri untuk berbagi tulisan di platrform atau komunitas sehingga kebermanfaatnya lebih bisa tersebar luas. Selain itu, saya juga mesti banyak belajar melalui berbagai sumber dan membaca buku tentang parenting, pengembangan diri, keluarga, dan agama. Targetnya dengan membuat jadwal membaca perhari atau 3 judul buku dalam seminggu. Maklum, saya suka baca beberapa buku dalam satu waktu. Semua itu tentu dilakukan dengan membersamai anak dan mendahului kewajiban sebagai istri. Sambil menerapkan apa yang sudah didapatkan dengan keluarga, sambil membagikannya kepada orang lain agar ilmu semakin tersebar.

3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
Saya bercita-cita membuat buku/novel dengan tema yang saya minati dan dapat memberikan manfaat bagi siapapun yang membacanya. Ya Allah... ini cita-cita dari jaman SMP dan nggak berubah, cuma motivasinya yang naik turun dan insya Allah ingin memperbaiki diri dan strategi untuk mencapainya, Yang penting, luruskan niat... luruskan niat untuk berbagi manfaat, bukan yang lain. Insya Allah...
Selain itu, melalui perjalanannya, saya ingin tetap membersamai anak dan membentuk karakter anak-anak yang sholeh, haus akan ilmu, dan banyak memberikan manfaat juga buat orang-orang di sekitarnya kelak.

Lanjut ke pertanyaan selanjutnya...
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saya ingin bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama untuk keluarga dan kemudian masyarakat. Caranya, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, menulis, salah satunya.

2. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)
Dalam 5-10 tahun ke depan, berarti usia saya sekitar 31-36 tahun ya... Saya ingin bisa lulus sekolah lagi di bidang psikologi atau pendidikan untuk menunjang, tetap aktif menulis di blog dan menulis artikel di website/komunitas, menghasilkan 1-3 buku yang memberikan value positif bagi pembacanya, mengajak Ken untuk mencoba aktif menulis

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)
Dalam satu tahun ke depan, saya ingin membuat minimal 96 tulisan di blog, mulai menulis di majalan/website lain, mendapatkan beasiswa S2, menguasai ilmu bunda sayang dalam perkuliahan institut ibu profesional.

"Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH" - Institut Ibu Profesional


Salam Perubahan,
Sawitri Wening

No comments:

Post a Comment