Thursday, December 10, 2015

Racauan Ibu Baru soal 'Me Time'


Buat ibu rumah tangga baru macam saya, tiga bulan pertama adalah masa-masa menata dan men-sinkronkan hati dan pikiran. Cailah berat bener. Tapi, beneran lho di tiga bulan pertama ini entah udah berapa kali saya nangis tanpa alasan yang jelas alias baby blues. Entah udah berapa kali gangguin suami yang lagi kerja, hanya untuk sekadar mengeluh. Huft, saya malu sama diri saya sendiri. Ternyata, memilih menjadi ibu rumah tangga tidak lantas membuat saya merasa menjadi ibu yang baik untuk Ken. Lah, emang bukan soal kerja kantoran atau stay at home sih yang menentukan seorang ibu itu baik atau nggak. Beberapa kali, saya merindukan waktu me-time yang terasa begitu mahal akhir-akhir ini. Iya, saya rindu duduk sendirian sekadar untuk menulis atau membaca sendirian atau pergi ke salon untuk pijat dan creambath. Semua itu terasa muluk dan ya, memang muluk. Disitu salah saya.

Saya sempat lupa kalau sekarang yang harus saya rawat bukan saja diri sendiri, tapi juga ada anak. Kami adalah sepaket manusia yang tidak bisa dipisahkan, setidaknya sampai ia bisa mandiri. Kemana pun saya pergi, Ken harus ikut, sebab hanya saya satu-satunya orang yang dapat memenuhi kebutuhan primernya, ASI. Jadi, apapun kegiatannya, saya harus memastikan semua itu bisa dilakukan saya dengan membawa anak. Memaksakan diri menuruti keinginan me-time semata, astaga saya tak sanggup. Hati saya rasanya sudah dicuri lagi oleh orang lain. Malaikat kecil itu membuat saya secara otomatis bergerak untuk menimang, bercanda, bermain, dan menyusuinya kapan pun dia butuh. Meskipun saya akui beberapa kali bersungut-sungut karena kelelahan saat ia rewel, dan ingin menyerahkan tugas meredakan tangisnya ke orang lain, saya tak pernah bisa berhenti menengokkan kepala ke arahnya dan menimangnya kembali. Malaikat kecil itu mengalahkan rasa egois saya. Saya takluk.

Kata orang, kesenangan tidak datang dengan sendirinya. Kesenangan itu dibuat. Saya sempat kurang bersyukur. Ah, padahal banyak waktu kok, kalau mau me-time ya waktu Ken tidur. Bebas mau baca novel, nulis-nulis, atau mandi sambil luluran sendiri. Intinya, mengalihkan cara menikmati me-time yang biasa dilakukan (Waktu single dulu atau waktu belum punya anak) ke kegiatan yang lain yang juga fun. Terus, iya lho waktu saya masih muluk-muluk gitu kepikiran buat punya me-time aja bikin merasa bersalah. Duh, salah banget. Padahal kan me-time itu penting ya ibu-ibu, demi memelihara kewarasan kita bersama. Sekarang nggak heran deh kalo liat emak-emak sering ngomelin anaknya, suaminya, atau orang lain. Mungkin doi kurang me-time tuh, bawaannya jadi bad mood terus. Hahah, saya pernah juga soalnya merasa begini. Kurang-kurangin deh yang kayak gini. Ayo, belajar lebih dewasa lagi dalam mengelola hati dan pikiran (self-talk).

Tapi, percayalah… Melihat senyuman, tatapan, dan tawa malaikat kecil itu bikin kita luluh lagi. Emang bener kalo ada orang yang bilang anak kecil itu membawa kebahagiaan, apalagi anak sendiri. Kalo lagi rewel…., nah itu siapkan ikat kepala, banyak istighfar, dan sabar. Kalo dia udah tenang dan tidur, silakan me-time lagi, hehehe…

Intinyaaa… setelah meyandang status sebagai “ibu beranak satu” turunkan ekspektasi tentang definisi me-time yang selama ini kita anut. Syukur kalau masih bisa menjalankan me-time seperti biasanya. Yang pasti, menurut saya me-time itu harus. Kalau saya biasanya, biar nggak bosan di rumah terus kalau weekend biasanya ajak suami jalan-jalan, heheh.

Allah sudah memberikan tanggung jawab yang begitu indah buat kita dan pasti karena Allah percaya kita bisa menjalankan tanggung jawab tersebut. Jadi, ayo semangat membesarkan anak dengan perasaan bahagia, agar kelak anak kita tumbuh jadi pribadi yang baik dan positif.

picture: google


Kalau, ibu-ibu yang lain, biasanya me-time nya ngapain sih? Share dooong… ;)

Cheers,

SW

15 comments:

  1. aaaaaakkk..topik ini saya banget mbak! Saya sampai lupa kapan terakhir me time, bahkan kalau adek tidur saya lebih milih tidur juga, buat istirahat. Saya rindu 'me time' macam baca buku atau nulis dengan leluasa. Bisa mandi, update blog dan blogwalking disela-sela adek bobok saja saya udah bersyukur :) kalau masak di dapur termasuk me time gak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihih emang masalah umum ibu rumah tangga ya ini. Kalo hobi masak, kayaknya termasuk deh

      Delete
  2. me time memang penting yah mak..
    sekali-sekali melakukan kegiatan menyenangkan bisa membuat kita semangat lagi disela-sela aktivitas yang terkadang bikin stess :)

    ReplyDelete
  3. Dulu me time saya cukup buka fesbuk, koment sana sini, chat bentar. Dan ternyata sempat bikin survey iseng, sebagian besar me time ibu2 ya koneksi dengan medsos. Aku pikir ini mengakomodir kebutuhan untuk mengobrol atau interaksi sosial dan update informasi. Tapi nggak usah galau banget mama ken. Nanti kalo anak-anak sudah mulai sekolahm udah deh, waktu kita untuk me time semakin banyak. Kalaupun sekarang masih belum memungkinkan, dinikmati aja masa-masa ini. Karena masa kecil tidak akan pernah kembali kan... Cemunguuuudd....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya escape to medsos bener banget siih.. Cara paling gampang dam murah, tp ttp senang. Siiip.. makasiih :)

      Delete
    2. Ah iya escape to medsos bener banget siih.. Cara paling gampang dam murah, tp ttp senang. Siiip.. makasiih :)

      Delete
  4. bisa ngendon aman ampe lega di kamar mandi aja udah me-time rasanya :( atau
    Hal2 semacam baca buku itu yang paling saya rindukan

    ReplyDelete
  5. nah samaan ituw, me time nya saya bisanya cuma pas di kamar mandi pas si bungsu tidur itupun kalo gak di gedor2 si sulung yg mo ikutan mandi #gigitjari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarpun repot tapi seru juga yaa ngalamin yang kayak gini mak :))

      Delete
  6. traveling mba... berdua hubby... itu me time ku :).. memang sih si baby harus kita tinggal ama babysitternya dan mertua... tp ya namanya aku dan suami itu pecinta traveling berat, ya kita ttp harus sesekali jalan.. cuma lamanya dikurangin... kalo dulu bisa ngabisin jatah setahun cuti yg 21 hari, kita bagi 2 deh jd 10 hari aja... :) pernah sih anak diajak... tp itu kalo kita traveling ke negara/tempat2 yg kita tau babyfriendly... kalo tempatnya masih sdkt extreme/terbelakang, aku ga akan ajak biasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah seru banget, mbaaa... Aku juga pengin sih bisa begitu hehe

      Delete