Thursday, March 30, 2017

Weekly Note: Tentang Potty Training Regresion & Bersabar


Jadi, minggu ini saya sempat sakit lagi, saat saya sedang haid. Sakitnya persis pula sama kayak bulan lalu. Mengigigil, pusing, meriang, lemas, dsb. Alhamdulillaah cuma dua hari sakitnya. Bulan lalu juga begitu. Bedanya, waktu sakit kali ini, suami ada kuliah seharian, so nggak bisa bantu jagain Ken yang lagi agak cranky karena gigi gerahamnya lagi tumbuh. Jadi, singkat cerita drama pun terjadi.

Sebelumnya, saya nggak penah tahu kalau saya bisa setega itu sama Ken. Hari itu, saya membentak Ken karena kesal sampai ke ubun-ubun. Mungkin karena pengaruh sedang sakit juga. Ketebak dong, sesudahnya saya jadi super menyesal karena merasa bersalah dan malah bikin regresi proses potty training yang lagi Ken jalani. Huft :''(

Kekesalan saya muncul hanya karena Ken mengompol di lantai. Saya yang sedang nggak ada tenaga saat itu pun nggak bisa menahan diri untuk marah. Padahal, prinsip menjalankan toilet training itu kan membuat anak enjoy dengan prosesnya tanpa membuat dia merasa 'dihukum' hanya karena dia mengompol. But, i did that wrong thing. Saat saya marah sih dia malah ketawa-ketawa, saya pikir dia nggak menganggap saya sedang menunjukkan rasa kecewa. But, no... he is a smart boy dan ia tahu banget kalau saya sedang marah. Dia tertawa untuk mencairkan suasana, seolah bilang "calm down, mom... It's just a POTTY accident!" 

Setelahnya, dia jadi malas kalau diminta pipis ke kamar mandi. Selalu membuang muka kalau saya mengingatkan untuk pipis di kamar mandi. Padahal, sebelumnya prosesnya begitu mudah, dia bisa cepat menangkap maksud saya walau belum mau mengatakan kalau ia sedang kebelet. 

Ah iya, jadi ibu itu butuh stok sabar yang banyak ya. Mungkin saya harus belajar banyak dari Ken yang sudah bisa mengontrol emosinya, yang bisa berhenti menangis kala mengelus dada sambil bilang "bersabar". Ah, Ken.. maafkan ibu ya. Semoga ibu bisa membesarkan Ken dengan lebih baik dan banyak bersabar. Mari belajar bersama-sama ya, Ken :)

Btw i will update about his potty-training regression, hope we can turn it back to the progression ;)
 
Bristol, 30 Maret 2017

Sawitri Wening

2 comments: